17 Desember 2009

Senam Bagian Dari Gaya Hidup dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

16 Dec 2009
Jakarta - Depkes. Dengan aktifitas fisik dan olahraga teratur, kita akan memperoleh beberapa manfaat, yaitu, pertama, tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Kedua, aktifitas sehari-hari jadi lebih lancar dan penampilan jadi lebih menarik. Ketiga, lebih produktif. Keempat, terhindar dari berbagai penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus, paru kronis, dan osteoporosis atau keropos tulang. Karena itu aktifitas fisik berupa senam harus dijadikan bagian dari gaya hidup dan perilaku hidup bersih dan sehat.
Hal itu disampaikan Sesjen Depkes dalam sambutannya yang dibacakan dr. Ratna Rosita Suryo Subandoro, MPHM Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi saat meresmikan Gerakan Sehat Indonesiaku atau dikenal dengan Senam Enerobic, di Gelora Bung Karno, (13/12, 2009) dihadiri kurang lebih 5.000 peserta.

Dengan melakukan senam Enerobic, perlahan lahan masyarakat akan merasa lebih sehat karena asupan oksigen dalam darah menjadi lebih banyak dan teratur disertai dengan makan makanan bergizi seimbang, yaitu tinggi serat dan rendah lemak; melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap hari, dan tidak merokok dapat membantu proses penguatan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan kualitas bangsa, ungkap Sesjen.

Senam bersama diselenggarakan Depkes bekerja sama dengan PT Darya Varia dalam rangkaian peringatan HKN ke-45 dengan tujuan untuk mengajak masyarakat menghargai kesehatan dan menjaganya. Acara ditandai dengan pelepasan dua buah balon raksasa berisikan pesan moral mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

Saat melakukan temu wartawan, dr. Rosita mengatakan, hidup sehat itu murah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Upaya-upaya yang dilakukan Depkes difokuskan pada promotif dan preventif, artinya bagaimana kita mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, lingkungan sehat dan makan makanan yang bergizi seimbang

Sedangkan Charles Robert B. Davis Wakil Presdir PT Darya Varia mengatakan konsistensi untuk mau mempromosikan program-program kesehatan di seluruh Indonesia agar masyarakat semakin menyadari arti kesehatan bagi kehidupan mereka di samping menjaga pola makan sehat, mereka pun senantiasa aktif berolahraga agar kesehatan terjaga, sehingga dapat tetap produktif dalam menjalankan kesibukan sehari hari.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id, info@puskom.depkes.go.id, kontak@puskom.depkes.go.id.

6 komentar:

ivonsahanaya@ymail.com mengatakan...

Jangankan senam Enerobic, jalan sehat dan senam pagi aja orang masih segan untuk melakukan meskipun dihari libur. Memang susah ya... menyadarkan masyarakat untuk diajak hidup sehat padahal untuk diri mereka sendiri

ivonsahanaya@ymail.com mengatakan...

Betul memang susah untuk mengajak dan membiasakan diri kepada masyarakat untuk senam. padahal senam sudah diperkenalkan dan diajarkan sejak di TK.

Anonim mengatakan...

Kegiatan senam memang bisa utk menjadi bagian dari olah raga yang murah dan menyehatkan,. namun sayangnya di tengah semakin sempitnya lahan Jakarta utk senam yang terjadi malah maraknya bisnis pusat kesegaran dengan tarif yang lumayan mahal. Seolah untuk hidup sehat warga memang juga harus mengeluarkan kocek yang banyak juga.

yuli mengatakan...

setiap orang membutuhkan aktivitas, termasuk di dalamnya adalah aktivitas fisik, diantaranya adalah dengan kegiatan senam. maka bersenam rialah kita bila ingin sehat, ayo....

quraisyirahman@ymail.com mengatakan...

Kalau ingin tetap segar bugar selalau fit dan sehat ya harus senam donk... mau sehat kokmalas senam

nanalubena@ymail.com mengatakan...

Ayo kita senam selagi muda dan sehat janagn ingat senam ketika sedang sakit udah tua....

Posting Komentar