11 Desember 2009

Sakit Kepala Membandel, Hiruplah Oksigen Murni

Sakit kepala cluster (jenis migren akut) mungkin adalah rasa sakit yang paling menyakitkan yang dikenal manusia. Menurut penuturan banyak wanita, sakit yang menyerang kepala ini lebih menyakitkan ketimbang melahirkan anak. Anda pasti menduga kondisi yang menyiksa ini hanya dapat disembuhkan dengan obat keras berdosis banyak. Tapi, berdasarkan hasil penelitian terbaru yang diterbitkan Jurnal American Medical Assn, sakit kepala cluster dapat disembuhkan dengan menghirup oksigen murni.

Penelitian ini menunjukkan, sakit kepala cluster menjangkiti sekitar 0,3 persen dari populasi umum. Bahkan, sakit kepala ini dapat melemahkan dan menyerang setiap hari dalam berminggu-minggu pada satu waktu. Sumber lainnya mengatakan sakitnya baru akan berkurang setelah berbulan-bulan menyerang.


Obat-obatan migren seperti Imitrex biasanya dipakai untuk menghentikan sakit kepala ini, tapi obat tersebut ada batasnya dalam penggunaan sehari-hari. Penelitian kecil yang dilakukan pada 15 pasien selama 15 menit dengan menghirup oksigen ternyata sangat membantu. Seperti dilansir Los Angeles Times, baru-baru ini, trio peneliti dari Rumah Sakit Nasional Saraf dan Kanker di London, Inggris, memutuskan untuk menguji lebih ketat lagi.

Sebanyak 76 pasien yang menderita sakit kepala cluster disembuhkan selama terjadi empat kali serangan. Mereka menghirup oksigen murni dengan menggunakan masker penutup selama 15 menit. Hasilnya 78 persen pasien merasa membaik, hanya 20 persen pasien yang tidak mengalami perubahan. Oksigen bertahan selama 30 dan 60 menit setelah serangan sakit kepala. Para peneliti pun melaporkan tidak menemukan efek samping yang serius pada penelitian ini.(AST/ANS)




Sumber: http://kesehatan.liputan6.com/berita/200912/254224/Sakit.Kepala.Membandel.Hiruplah.Oksigen.Murni

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Sakit kepala banyak terjadi tdk hanya wanita saja, kaum lelaki juga bisa kok sakit kepala, sebenarnya tdk perlu repot2 menyembuhkan sakit kepala atau migran sekalipun. Kalo memakai oksigen spt pada artikel di atas sepertinya kurang lazim digunakan setiap penderita sakit kepala. Sebenarnya cukup minum obat dan tiduran sebentar utk mengendorkan urat saraf jg ampuh sebagai penyembuh sakit kepala kok.

Anonim mengatakan...

Sakit kepala yang minum obat lah........

nurlianty mengatakan...

Penemuan ini layak untuk disebarluaskan, ini adalah berita gembira bagi orang2 yang mempunyai sakit kepada cluster. sebab kalau setiap kali sakit kepala terus minum obat, lama2 ginjal yang sakit.

Posting Komentar