24 November 2009

Dinkes Lebak Waspadai Penyakit Malaria


Senin, 23 November 2009



Lebak (ANTARA News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Banten, saat ini mewaspadai penyebaran penyakit malaria menyusul meningkatnya curah hujan selama sepekan terakhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Maman Sukirman, Senin, mengungkapkan, penyakit malaria merupakan jenis penyakit menular yang bisa menimbulkan kematian jika penderita tidak segera diberikan pengobatan.

Penyakit malaria hanya menimpa warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak.

Sebab daerah pesisir pantai masuk kategori endemis malaria karena populasi nyamuk anopheles berkembangbiak di laguna-laguna pantai.

Saat ini, daerah endemis malaria tersebar di pesisir pantai Kecamatan Cihara, Binuangen, Bayah, Cilograng, Malingping, dan Panggarangan.



Menurut dia, memasuki musim hujan masyarakat diimbau agar melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) juga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria.

Selain itu, juga petugas medis melakukan penyemprotan larvaciding guna membunuh jentik-jentik nyamuk anopheles yang berkembangbiak di laguna-laguna yang ada di pantai.

Selanjutnya, petugas medis juga menyebar ikan kepala timah untuk membunuh jentik nyamuk itu pada laguna sekitar pantai.

Petugas medis juga membagikan kelambu kepada warga di daerah endemis malaria untuk menghindari gigitan nyamuk.

"Gerakan ini salah satu upaya untuk mengantisipasi penularan penyakit malaria," katanya.

Menurut dia, malaria biasanya menyerang pada curah hujan tinggi sehingga masyarakat pesisir diminta untuk mewaspadai penyakit tersebut.

Namun demikian, kata dia, hingga saat penyakit kasus penyakit malaria di Kabupaten Lebak tidak pernah dialami kejadian luar biasa (KLB).

"Saya minta jika warga mengalami demam tinggi dan dingin menggigil maka segera pergi untuk berobat ke Puskesmas maupun rumah sakit," katanya.

Maman menyatakan, untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan petugas medis pihaknya setiap tahun mengadakan pelatihan bimbingan teknis bagi petugas laboratorium dan petugas lapangan agar dapat terdeteksi munculnya gejala penyakit malaria tersebut.

Pelatihan ini diharapkan mampu bertindak cepat untuk menanggulangi penularan penyakit malaria.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bayah, Kabupaten Lebak, Anwar mengaku selama ini kasus malaria sebanyak puluhan orang dinyatakan positif.

Mereka penderita tidak ada korban jiwa karena cepat di bawah ke puskesmas.

"Saat ini saya terus melakukan pencegahan malaria memasuki musim hujan," katanya.

Sumber berita : http://www.antara.co.id/berita/1258934423/dinkes-lebak-waspadai-penyakit-malaria

5 komentar:

katmidi@gmail.com mengatakan...

pemerintah melalui departemen kesehatan, harus secara cepat melakukan langkah2 kongkrit dan mensosialisasikannya kepada masyarakat agar masyarakat dapat ikut serta membantu secara aktif dalam mencegah merebaknya menyakit malaria.

Anonim mengatakan...

Kebersihan lingkungan penduduk dalam upaya ansipasi mewabahnya penayakit malaria perlu di dorong terus, terutama kedisiplinan menjaga lingkungan dan pemukiman. Sayangnya masih banyak warga yng tingkat kesadaran dalam menjaga lingkungan masih sangat minimal apalagi kurang aktifnya kepala rukun warga dan kelurahan tak jarang tidak mengetahui bahkan minim informasi tentang apa itu penyakit malaria.

Anonim mengatakan...

Mewaspadai kemungkinan munculnya penyakit malaria adalah tanggung jawab bersama, apalagi sekarang saat musim hujan tidak hanya malaria saja mengancam kita,penyakit lain seperti DBD maupun leptospirosis bisa juga menyerang kita. Intinya menjaga kebersihan diri dan lingkungan bisa menjadi tindakan pencegahan yang pertama.....

Anonim mengatakan...

Masalahnya banyak juga masyarakat kita tdk peduli terhadap kebersihan diri dan lebih2 lingkungannya. Membuang sampah secara sembarangan dan masih banyaknya barang bekas yng tdk ditimbun di lingkungan sekitar berpotensi membuat genangan air seperti pada musim hujan sekarang. Ketika ada jatuh korban jiwa akibat terkena DBD atau malaria barulah ada kegiatan massal membasmi. Ini yang perlu diseriusi bersama, baik pemerntah maupun masyarakat.

nanalubena@ymail.com mengatakan...

Saya kira tidak hanya di Lebak Banten aja yang waspada pada penyakit malaria tapi juga daerah-daerah lain khususnya daerah yang padat penduduk seperti dikota-kota besar, karena kesadaran masyarakat kita untuk menjaga kebersihan lingkungan masih sangat minim.

Posting Komentar