28 November 2009

18 BALITA DI BEKASI TERINFEKSI HIV/AIDS

Pemantauan Dinas Kesehatan Kota Bekasi  menunjukkan, kasus HIV/AIDS ditemukan pada anak-anak berusia di bawah lima tahun atau anak balita. “Ternyata di Bekasi, Jawa Barat, penularan HIV/AIDS tidak hanya terjadi di kalangan atau kelompok masyarakat berisiko tinggi saja, tetapi juga terjadi di kalangan anak balita,” kata Kepala  Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Retni Yonti, Rabu (25/11).

Laporan terkini Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyebutkan, 18 anak balita terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan menurunnya kondisi kekebalan tubuh manusia. Keadaan anak balita itu diketahui  setelah ibu mereka memeriksakan kondisi kesehatan anak-anaknya ke rumah sakit.
“Gejala sakitnya bermacam-macam, tetapi umumnya karena diare terus menerus atau akibat pneumonia (radang paru-paru),” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasa Penyakit  di Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Pusporini.


Retni Yonti menjelaskan, para anak balita tersebut tertular  virus HIV dari ibunya. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kondisi kondisi kesehatan mereka terlambat diketahui, antara lain karena ibunya tak mengetahui dia terpapar HIV atau sudah tahu, tetapi malu.

Ada kemungkinan juga, kata Retni, ibunya sudah tahu, tetapi tidak memiliki akses ke rumah sakit yang melayani PM-TCT (prevention of mother to child HIV transmission/pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke janin). Rumah sakit di Kota Bekasi saat ini belum memiliki layanan PMTCT.
Pemantauan Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga menunjukkan, kasus HIV/AIDS cenderung meningkat. Sepanjang Januari sampai September 2009 ditemukan 84 kasus HIV/AIDS baru. Secara kumulatif jumlah kasus HIV/AIDS  di Kota Bekasi sejak 2005 sampai September 2009 mencapai 1.144 kasus, terdiri atas 565 kasus HIV dan 579 kasus AIDS.

Laporan rumah sakit yang menjadi sumber data Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga menyebutkan, dalam Sembilan bulan terakhir, sampai September 2009, sebanyak 21 penderita HIV/AIDS di Kota Bekasi meninggal dunia.(na/kom).






Sumber: http://www.bkkbn.go.id/Webs/DetailBerita.php?MyID=936

0 komentar:

Posting Komentar