30 Oktober 2009

5 CJH Tiap Harinya Sambangi Poliklinik Asrama Haji

Surabaya - Meski sudah dinyatakan sehat dan siap berangkat tetap saja poliklinik asrama haji masih
menjadi jujukan para calon jamaah haji (CJH) untuk memeriksakan kesehatan.

Dari catatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (Embarkasi Surabaya bagian poliklinik mencatat rata-rata tiap hari ada 5 CJH yang datang. Diantaranya ada yang meminta dilakukan vaksinasi.

"Jadi tiap kali kedatangan kloter pasti ada jamaah yang langsung mendatangi poliklinik. Terutama jamaah yang masuk dalam golongan resiko tinggi atau jamaah berumur diatas 50 tahun," kata staf Humas PPIH Embarkasi Surabaya, Sugianto kepada detiksurabaya.com, Kamis (29/10/2009).

Menurut Sugi panggilan akrab Sugianto, bagi CJH yang belum mendapatkan salah satu vaksin akan diberikan vaksin secara gratis. Vaksin yang biasanya diminta adalah vaksin influenza dan vaksin swine flu.

Tapi menurut Sugi tak hanya jamaah resiko tinggi tapi juga ibu-ibu berusia subur. Kehadiran ibu-ibu ke poliklinik untuk melakukan tes kehamilan dan konsultasi menstruasi.

"Jadi selain para jamaah berusia lanjut, jamaah ibu-ibu berusia subur juga mendatangi poliklinik untuk tes kehamilan untuk mengetahui apakah  hamil atau tidak serta banyak pula yang meminta obat untuk menunda haid agar saat melaksanakan ibadah haji tidak terhalang menstruasi," tuturnya.

Data tim kesehatan dan poliklinik menyatakan hampir 20persen tiap kloter mengalami hipertensi. Hal ini disebabkan para jamaah kurang istirahat sebelum berangkat an menginap di asrama haji akibat banyak menerima tamu dan kerabat yang mengucapkan selamat jalan serta memberi doa.



4 komentar:

Anonim mengatakan...

karena ibadah haji memerlukan konsentrasi dalam melaksanakannya kesiapan mental dan kesehatan merupakan suatu keharusan agar kelak tdk mendapati gangguan kesehatan ketika berada di tanah suci ini.

Unknown mengatakan...

Cek Kesehatan bagi calon jamaah haji ini sangat penting untuk memaintanance kesehatan calhaj sebelum keberangkatan dan proses ibadah haji di tanah suci.

Anonim mengatakan...

Banyak calon jamaah haji yng masih rendah kesadarannya akan pentingnya kesehatan sejak di tanah air sampai tibanya di tanah suci.

Abdul mengatakan...

petugas pelayanan kesehatan juga mesti memberikan penjelasan dan pengenalan thd penyakit yng munkgin terjadi dan usaha pencegahannya terutama bagi calon yang memiliki riwayat penyakit bawaan.

Posting Komentar