12 September 2009

Gelar Menkes RI "Lekang" Bila Membuang Syara

Yang Mulia Sultan Serdang Tuanku Luckman Sinar Basarsyah-II, SH menganugerahkan Gelar Kehormatan Adat Melayu Kesultanan Serdang kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia DR dr Siti Fadilah Supari, SpJP(K) dinobatkan Gelar Datuk Sri Perkasa Sejahtera Bangsa. Penganugerahaan berlangsung hikmad diwarnai prosesi yang bernuansa adat Melayu ini berlangsung Minggu (6/12) di objek wisata bahari Theme Park, Pantai Cermin, Sergai.

Menkes yang mengenakan baju berwarna hitam khas melayu mengikuti proses "Menjunjung Duli’ sebagaimana tradisi yang berlaku di Kesultanan Serdang dipandu H Wan Adham Nuh gelar Datuk Katibul Asrar Amar Diraja.

Sebelum penobatan, Sultan Serdang Tuangku Luckman Sinar Basarshah mengingatkan, gelar kehormatan kepada Menkes RI bisa lekang dengan sendirinya bila yang beriman (dinobatkan) membuang syara "yang pantang adat tidak dipantangkan lagi dan yang alir tidak dituruti lagi."

Anugerah gelar kehormatan kepada Menkes RI Siti Fadilah Supari gelar Datuk Sri Utama Sejahtera Bangsa berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti sudah melaksanakan tugas dengan baik program peningkatan Askes pelayanan kesehatan miskin, program pengembangan desa siaga dan pembangunan pos kesehatan daerah, program pengembangan mushala sehat, pos kesehatan pesantren, santri sehat dan program semua dan sehat siaga yang kesemuanya kebijakan publik dan secara langsung dapat dinikmati masyarakat khususnya masyarakat miskin.

Bahkan prestasi di tingkat internasional juga telah diraih, di antaranya sebagai peneliti muda terbaik dari Universita Indonesia, peneliti muda terbaik tingkat Kongres Kardiologi ASEAN di Manlia, Peneliti terbaik di Kongres Ilmiah Amerika Serikat, Anthony Mason Awar dari Australia dan meraih penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI dan sederetan prestasi telah diraih sehingga layak menerima anugerah kehormatan dari Kesultanan Serdang.

Bupati Serdang Bedagai HT Erry Nuradi, mengatakan, Pemerintah Serdang Bedagai yang dipimpinnya, menyambut baik perhelatan adat ini, karena secara nyata mampu memperkokoh kembalinya nilai-nilai adat, di samping mempererat tali silaturahmi antar etnis.

Sesuai motto Serdang Bedagai "Tanah Bertuah Negeri Beradat", maka acara Anugerah Gelar Adat sangatlah bermakna bagi masyarakat dalam memahami adat istiadat Melayu yang masih hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Erry Nuradi, yang juga putra kandung sesepuh masyarakat adat Melayu Kesultanan Serdang H. Tengku Nurdin Gelar Tengku Pangeran Kesuma Negara mengatakan, Pemerintah Kabupaten dan masyararakat Serdang Bedagai mengucapkan terimakasih kepada Pemangku Adat Kesultanan Serdang, Yang Mulia Tuanku Luckman Sinar Basarsyah-II, SH yang telah berkenan dan mempercayai Serdang Bedagai sebagai tuan rumah pelaksanaan perhelatan akbar ini.

Sumber: Waspada Online

7 komentar:

ariyani mengatakan...

Selamat buat Ibu Menkes kita ini, semoga penganugerahan gelar ini bisa menjadi pemicu Ibu dalam mengemban tugas negara ke depannya

Unknown mengatakan...

sukses buat bu Menkes kita, saya sebagai orng batak ikut gembira dengan penganugerahan gelar tersebut. Mudah-mudahan Ibu terpilih kembali di kabinet mendatang.

raz_florena mengatakan...

begitu sakralnya penobatan ini bagi para tokoh di tanah karo ini, adanya komitmen yg tinggi pasca penobatan merupakan bukti kita harus setia menjaga kepercayaan ini.

yulia-ningsih mengatakan...

sukses buat ibu menkes yg telah mendapat gelar kehormatan ini, semoga kesuksesan selalu menyertai ibu dan jajaran depkes.

putri-vista mengatakan...

selamat buat ibu menkes RI, gelar kehormatan yg sangat mulia ini semoga menjadikan depkes semakin bersih dari korupsi.

evatrisnawati mengatakan...

Semoga Bu Menkes senantiasa menjaga amanat mulia ini....amien

yunita nining mengatakan...

wah...hebat kali ibu menkes kita, penghargaan ini semoga mampu meningkatkan pengabdian Ibu pada bangsa dan negara Kita

Posting Komentar