26 Juni 2009

Menkes: China Sudah Minta Maaf

Menkes, Siti Fadilah Supari memberikan keterangan terkait kasus flu babi (ANTARA/Prasetyo Utomo)
VIVAnews - Dua warga negara Indonesia diduga positif terinfeksi virus influenza H1N1 atau flu babi, saat sedang melakukan pelatihan penanganan virus itu di China. Kedutaan Besar China untuk Indonesia pun akhirnya meminta maaf.

"Dubes China sudah minta maaf," kata Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dalam perbincangan dengan VIVAnews melalui telepon, Kamis, 25 Juni 2009.

Menurut Siti Fadilah, permintaan maaf datang karena pelatihan penanganan virus flu babi itu atas undangan pemerintah China. Akhirnya, Departemen Kesehatan mengirimkan dua orang untuk mengikuti pelatihan itu.

"Training ini undangan dari China untuk belajar menangan virus H1N1. Mereka training di dalam laboratorium," ujar menteri ahli jantung ini.

Seperti dikutip situs Departemen Kesehatan, Kamis 25 Juni 2009, pegawai Departemen Kesehatan itu diduga terpapar virus flu babi saat pelatihan Influenza A H1N1 di Beijing, China.

Penderita lainnya adalah WA, 37 tahun. Pria yang berprofesi sebagai pilot itu mendapat perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso sejak 19 Juni.

Sedangkan empat lainnya merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Tiga orang di antaranya berdomisili di Singapura dan seorang lainnya berdomisili di Australia.
ismoko.widjaya@vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar