04 Desember 2009

Mengatasi Mual Saat Hamil Dengan Tembakau?

Keluhan mual di pagi hari merupakan hal lumrah kaum ibu yang tengah hamil di mana pun. Di Kamboja, seperti dilansir Associated Press, Kamis (3/12), masalah itu diatasi dengan mengunyah tembakau.


Survei membuktikan, separuh dari kaum ibu berusia di atas 48 di pedesaan negara itu biasa mengunyah tembakau, dan separuhnya dilakukan pada kehamilan pertama. Tujuannya, untuk mengatasi keluhan mual.

Survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama sejumlah periset juga menunjukkan, 68 persen kaum ibu di negara-negara dengan pengisap rokok terbesar mengunyah tembakau. Dan, separuhnya adalah kalangan tabib (dukun) wanita.

"Mereka percaya, ketika mengunyah tembakau akan merasa lebih baik," kata Dr Mom Kong, Direktur Gerakan Kesehatan Kamboja. "Mereka memang menginginkan sesuatu yang asam untuk untuk mengatasi mual-mual pada trimester pertama kehamilan. Tetapi wanita-wanita itu menjadi kecanduan."

Kebiasan mengunyah tembakau yang biasanya dicampur kapur dan sirih pinang dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Sama halnya dengan wanita hamil perokok, wanita pengunyah tembakau dapat mengakibatkan sang jabang bayi menderita berat badan rendah, penurunan fungsi paru-paru, bahkan kematian saat lahir. Dan, tren mengunyah tembakau itu juga terlihat di Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Taiwan, India, Palau, dan Cina.(RST)


Sumber: http://kesehatan.liputan6.com/berita/200912/253387/Mengatasi.Mual.Saat.Hamil.Dengan.Tembakau.

6 komentar:

lala.zabet@rocketmail.com mengatakan...

Mual yang dialamai para wanita hamil merupakan perubahan yang lumrah dan setiap wanita mempunyai tingkat sensitif yang berbeda-beda. Lebih baik Mual sebentar daripada mewariskan penyakit dikemudian hari.

yunita nining mengatakan...

Yah..survei ini hanya pada populasi penduduk yang tinggal di kawasan yang memang tumbuh pohon tembakaunya, tapi tidak bisa disamakan dengan wanita yang bermukim di daerah tropis lainnya kan. walaupun rasa mual memang sudah alami dirasakan para wanita hamil karena memang setiap hamil ada peningkatan hormon kewanitaan...

nayawitri-utami mengatakan...

Rasa mual yang biasa dirasakan wanita saat sedang hamil merupakan kondisi yang kodrati wanita, apalagi jika usia kandungan masih relatif baru menginjak mingguan tentu rasa mual akan sangat terasa. Tetapi rasa mual biasanya terjadi akibat reaksi alergi yang ditimbulkan pd rasa bebauan tertentu dan sebenarnya tidak harus memakai obat maupun alat utk menghilangkannya.

Anonim mengatakan...

kenapa mesti memakai tembakau sebagi penghilang rasa mual sewaktu hamil. Bukan kah tembakau sama saja membuat janin semakin tidak sehat karena tembakau merupakan bahan rokok yang sama bahayanya dengan orang menghisap rokok ketika hamil.

Anonim mengatakan...

Sering terjadinya kendala yang dihadapi oleh wanita hamil adalah rasa mual yang sulit di atasi, karena setiap wanita hamil mempunyai waktu yang berbeda ketika merasakan rasa mual, bisa pada pagi, siang maupun malam dan ada juga selama kehamilan. Meski rasa mual sdh menjadi bagian dari kehamilan bukan berarti tidak dapat di atasi. Ada banyak cara dilakukan untuk mengatasinya dan yang paling sederhana adalah kita harus menghindari diri dari makanan atau benda yang mungkin bisa menimbulkan rasa mual itu datang.

Anonim mengatakan...

emang gak bahaya yah kalo mual waktu hamil diatasi dengan menghirup tembakau....kayaknya keliru deh teori ini, yang ada malah bayi kita tambah gak sehat.......................

Posting Komentar