14 Desember 2009

Faktor Gen Ibu Pengaruhi Kelahiran Prematur

Sebuah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemungkinan besar gen memainkan peran wanita hamil saat melahirkan prematur, yaitu minggu ke-37 kehamilan. Seperti dilansir Reuters, belum lama ini, risiko kelahiran prematur dapat meningkat bilamana sang ibu memiliki riwayat keluarga dengan kehamilan prematur juga.

Dua penelitian baru melaporkan dalam American Journal of Epidemiology, gen ibu merupakan kunci yang mempengaruhi perkembangan janin dalam mewarisi sifat dari kedua orang tuanya. Tetapi perlu untuk diketahui wanita dengan riwayat kelahiran prematur memiliki risiko tinggi untuk melahirkan secara prematur pula, dibandingkan dengan wanita tanpa riwayat prematur. Sebaliknya, wanita dengan kelahiran prematur dari pihak ayah tidak memiliki risiko melahirkan prematur. Hal ini terbukti dalam temuan pada penelitian kedua yang meneliti 989.000 kelahiran di Swedia antara 1992-2004.
Peneliti menemukan bahwa wanita dari saudara yang telah melahirkan prematur memiliki risiko 80 persen lebih tinggi dibanding wanita yang tak mempunyai riwayat. Tidak ada bukti yang mengatakan peningkatan risiko berasal dari faktor-faktor nongenetik yang dapat mempengaruhi kemungkinan lahir prematur, seperti merokok atau tingkat pendidikan rendah.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa gen ibu penting bagi risiko kelahiran prematur," tulis Dr. Anna C. Svensson, pemimpin penyelidik studi di Swedia dan seorang peneliti di Institut Karolinska di Stockholm, dalam surat elektronik yang dikirim kepada Reuters Health.

Menurut Svensson, gen mengatur lingkungan rahim selama kehamilan. Svensson juga menekankan, sekalipun penelitian ini menyoroti peran gen ibu dalam kelahiran prematur, itu tidak berarti menjadikannya risiko tinggi untuk setiap wanita dengan ibu atau saudara perempuan yang memiliki riwayat melahirkan sebelum waktunya.

"Penelitian kami memperkirakan kepentingan relatif gen dan lingkungan untuk variasi dalam kelahiran prematur pada tingkat populasi," para peneliti menjelaskan, "Di tingkat individu, sejauh mana gen dan lingkungan benar-benar menentukan risiko kelahiran prematur berbeda-beda."(RST/ANS)


Sumber: http://kesehatan.liputan6.com/berita/200912/254312/Faktor.Gen.Ibu.Pengaruhi.Kelahiran.Prematur

1 komentar:

yunita nining mengatakan...

Tetapi bukan hanya faktor gen sebagai penyebab lahirnya bayi prematur, bisa jadi si ibu mempunyai riwayat penyakit tertentu yang menyebabkan terjadi kontraksi sewaktu hamil dan kahirnya dapat mempercepat proses kelahiran anak.

Posting Komentar