31 Oktober 2009

Menkes: Tenaga Kesehatan Lokal Dioptimalkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan tenaga kesehatan lokal harus dioptimalkan penyebarannya ke daerah-daerah, khususnya daerah terpencil.

"Tiga bulan ini, saya tidak bicarakan ini (tenaga kesehatan asing), itu belakangan. Yang penting optimalisasi tenaga sendiri saja," kata Menkes, di Jakarta, di sela-sela Temu Nasional (National Summit) 2009 kemarin.

Optimalisasi tenaga kesehatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan kualitas tenaga kesehatan terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK).

Dalam Temu Nasional komisi Bidang Kesejahteraan Rakyat, khususnya untuk perluasan pelayanan kesehatan, isu pokok yang dibahas yakni peningkatan pembiayaan kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat, dan peningkatan kesehatan masyarakat untuk mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs).

Selanjutnya yang dibahas yakni pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana dan meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan kualitas tenaga kesehatan.

Berkaitan dengan bantuan sosial jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas), Menkes Endang mengatakan saat ini yang harus diprioritaskan adalah membayar utang jamkesmas. Ia berharap utang tersebut dapat dilunasi dalam tiga bulan ke depan.

Selanjutnya masalah yang harus dibereskan berkaitan dengan jaminan kesehatan daerah (jamkesda), mengingat jamkesda dibayarkan dengan uang daerah, sehingga perlu ada pedoman untuk menyeragamkan sistem pembayarannya.

"Selama ini setiap daerah berbeda-beda. Perlu dibuat pedoman standar supaya pembayaran jamkesda lancar," katanya.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

ya seharusnya begitu. optimalkan kemampuan dalam negeri dulu, jangan main pakai tenaga kerja asing aja sementara banyak tenaga yang berkemampuan yang tidak punya pekerjaan.

Anonim mengatakan...

pemerintah bisa mengoptimalkan pemerataan tenaga kesehatan ke daerah-daerah terpencil melalui program pemberian insentif, misal kenaikan pangkat, pemberitan tunjangan dll.

Anonim mengatakan...

setuju kalo ada optimalisasi tenaga kerja lokal akan semakin meningkatkan kesejahteraan pekerja tenetunya.

Anonim mengatakan...

optimalisasi tenaga kesehatan lokal ini akan meningkatkan daya saing tinggi dalam mencapai program kesehatan pada daerah terpencil.

Posting Komentar