06 November 2009

Tinggi, Potensi Penularan HIV/AIDS di Penjara

KOMPAS.com - Banyaknya narapidana yang pernah terlibat kasus narkotika serta tingginya tingkat hunian lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Indonesia berpotensi meningkatkan risiko penularan HIV/AIDS.

Oleh karena itu, baik narapidana maupun petugas di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan membutuhkan pendidikan dan pelatihan tentang masalah tersebut.

”Tidak ada satu pun lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan di Jawa Barat yang penghuninya belum pernah terlibat masalah narkotika jarum suntik,” kata Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat Danny Hamdani Kusumapradja.

Hal ini dikatakannya di sela-sela Pelatihan Penanggulangan HIV/AIDS bagi Petugas Pemasyarakatan Se-Bandung Raya di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, 3-5 November 2009.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Potensi tingginya penyakit HIV dipenjara ini mungkin merupakan cerita umum yng sering kita dengar. Ini berkaitan dengan latar belakang para penghuni lapas yg kebanyakan berasal dari lingkungan yg bebas baik secara sosial maupun secara budaya. ditambah dengan lemahnya sistem pengawasan kesehatan dalam lapas sendiri yg membuat semakin luasnya peluang terjangkiti virus HIV dalam penjara.

Posting Komentar