22 Agustus 2009

Nigeria Berhasil Cegah Flu Babi

Lagos (ANTARA News/XINHUA) - Nageria berhasil mencegah penyebaran flu babi atau virus H1N1 di antara 81 negara yang mengalami penyebaran virus mematikan itu, kata Bank Dunia.

Direktur Bank Dunia di Nigeria, Onno Ruhl, mengatakan dalam satu pernyataan yang disiarkan di Abuja, Jumat, bahwa negara itu merupakan satu-satunya negara yang berhasil mencegah kematian akibat virus H1N1.

Menurut dia, negara tersebut telah 13 bulan terbebas dari penyebaran flu babi. Ia menyebutkan, kasus flu babi terkahir di negara itu tercatat pada 2008 di negara bagian Kano dan Katsnia, Nigeria utara, yang secara efektif telah dicegah penyebarannya.

Upaya pencegahan flu babi itu dilakukan dengan pengadaan proyek triparti, yaitu "Nigeria`s Avian Influenza Control, Human Pandemic Preparedness and Response Project" yang dijalankan secara bersama oleh Kementerian-kementerian Pertanian, Sumber Mineral, Kesehatan, dan Kementerian Informasi dan Komunikasi.

"Di negara itu telah bebas dari flu babi sejak Juli 2008," kata dia dan menambahkan, beberapa negara di Afrika dan Asia Tenggara tertarik untuk belajar dari keberhasilan Nigeria tersebut.(*)

1 komentar:

andi mustafa mengatakan...

cara penanggulangan H1N1 yang dilakukan Nigeria patut dicontoh oleh Indonesia, padahal kita punya juga sih alat pecegah cuma kurang dimaksimalkan saja caranya atau bila perlu kita juga hrs belajar dan studi banding ke nigeria

Posting Komentar