16 Juli 2009

Masker wajib dipakai

TEMPO Interaktif, Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang Selatan membagikan masker anti virus kepada semua petugas kesehatan yang ada diwilayah itu. Petugas kesehatan dari rumah sakit, Puskesmas, hingga Dinas Kesehatan akan dibagikan satu persatu masker jenis N95 itu. ”Ini masker anti virus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Dadang, hari ini.

Menurut Dadang, pemakaian masker itu penting untuk mengantisapasi penularan merebaknya virus flu babi yang sudah menulari tiga warganya. Tingginya aktifitas warga Tangerang Selatan yang berpergian keluar negeri membuat wilayah itu sangat rentan tertular virus itu. ”Kita tidak bisa mencegah mereka, jadi kita antisipasi dengan berbagai cara termasuk pemakaian masker,” katanya.

Hanya saja, kata Dadang, masker yang ada saat ini jumlahnya masih terbatas. Pihaknya telah meminta bantuan ke Departemen Kesehatan untuik mengirimkan masker itu dalam jumlah yang banyak. Masker N95 merupakan masker yang didesain khusus untuk penanganan virus H1N1 dan H5N1. Bentuknya seperti masker biasa, namun lebih tebal, tertutup dan kedap udara. ”Jadi apapun tidak bisa masuk kedalam masker itu ketika dipakai menutup mulut dan hidung,” kata Dadang.

Menurut dia, saat ini petugas kesehatan yang ada sudah diwajibkan menggunakan masker itu.

0 komentar:

Posting Komentar