01 Juni 2009

Akibat Letusan Gunung Karangetang, Kab. Kep. Sitaro, Sulut

Permasalahan kesehatan berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro dan PPK Regional Sulawesi Utara, pada tanggal 31 Mei 2009 pukul 23.35 WITA telah terjadi letusan Gunung Karangetang sehingga memuntahkan lahar panas/lava pijar yang mendekati pemukiman warga di Kelurahan Tarorane Tampuna Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Sitaro.
Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sejak tanggal 31 Mei 2009 pukul 13.00 WITA, status kegiatan Gunung Karangetang dinaikkan dari “SIAGA” menjadi “AWAS”.
Tidak ada korban meninggal dunia maupun luka-luka. Terjadi pengungsian sebanyak 89 jiwa (33 KK). Lokasi pengungsian di Desa Bebali Kec. Siau Timur Kab. Sitaro. Saat ini pengungsi telah kembali ke rumahnya masing-masing. Tidak ada sarana kesehatan yang rusak.
 Upaya yang dilakukan antara lain : evakuasi korban, mendirikan Pos Kesehatan di lokasi bencana, mempersiapkan kebutuhan obat-obatan, dan melakukan pemantauan di lokasi bencana.
Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro PPK Regional Sulawesi Utara dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

0 komentar:

Posting Komentar